PERBEDAAN TINGKAT KEKUATAN OTOT TANGAN DAN POWER OTOT LENGAN ANTARA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI PUTRA DENGAN PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET PUTRA DI SMP NEGERI 2 NGAGLIK KAB. SLEMAN

Suhartoyo, Suhartoyo (2013) PERBEDAAN TINGKAT KEKUATAN OTOT TANGAN DAN POWER OTOT LENGAN ANTARA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI PUTRA DENGAN PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET PUTRA DI SMP NEGERI 2 NGAGLIK KAB. SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SUHARTOYO_09601244195.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peserta ekstrakurikuler bolavoli putra dan peserta ekstrakurikuler bolabasket putra di SMP Negeri 2 Ngaglik, Kab. Sleman mempunyai program latihan fisik hampir sama dan waktu latihan yang sama, akan tetapi prestasi peserta ektrakurikuler bolabasket lebih baik daripada bolavoli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kekuatan otot tangan dan power otot lengan siswa yang mengikuti ektrakurikuler bolavoli putra dan bolabasket putra di SMP Negeri 2 Ngaglik, Kab. Sleman dan mengetahui adakah perbedaan tingkat otot tangan dan power otot lengan siswa yang mengikuti ektrakurikuler bolavoli putra dan bolabasket putra di SMP Negeri 2 Ngaglik, Kab. Sleman. Desain dalam penelitian ini yaitu termasuk dalam penelitian deskriptif komparasi. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 6 Mei- 18 Mei 2013. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes handgrip dynamometer dan Two- hand Medicine Ball Put. Penelitian populasi sejumlah 29 siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana subyek penelitian digunakan sebagai penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa ada perbedaan antara tingkat kekuatan otot tangan peserta ektrakurikuler bolavoli putra dengan peserta ekstrakurikuler bolabasket putra yang ditunjukan dengan hasil nilai mean bolavoli (33, 9) < bolabasket (38, 5), ada perbedaan antara tingkat power otot lengan peserta ektrakurikuler bolavoli putra dengan peserta ekstrakurikuler bolabasket putra yang ditunjukan dengan hasil nilai mean bolavoli (2, 4) < bolabasket (2, 9), dan tidak ada perbedaan antara tingkat kekuatan otot tangan dan power otot lengan peserta ektrakurikuler bolavoli putra dengan peserta ekstrakurikuler bolabasket putra di SMP Negeri 2 Ngaglik, Kab. Sleman yang ditunjukan dengan mean nilai bolavoli (100) = (100).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 30 Mar 2015 04:11
Last Modified: 29 Jan 2019 19:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14537

Actions (login required)

View Item View Item