PERBEDAAN EMPATI SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DAN YANG TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA NEGERI 1 DEPOK KABUPATEN SLEMAN

Rabwan, Rabwan Satriawan (2013) PERBEDAAN EMPATI SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DAN YANG TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA NEGERI 1 DEPOK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi_Rabwan Satriawan_NIM 09601241003.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab maraknya kasus tawuran atar pelajar yang terjadi di Indonesia adalah kurangnya empati siswa. Untuk meningkatkan empati siswa dapat dilakukan dengan kegiatan ekstrakurikuler olahraga. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan empati siswa SMA Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman yang mengikuti dan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan menggunakan metode survei dan menggunakan instrumen angket. Populasi penelitian ini siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman sejumlah 61 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan 61 siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga. Sampel diambil dengan cara Disproportionate Stratified Random Sampling. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji beda, yaitu independent sample t-test. Data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah data empati siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan empati siswa yang mengikuti dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga dan empati siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler olahraga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 30 Mar 2015 03:59
Last Modified: 29 Jan 2019 19:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14535

Actions (login required)

View Item View Item