PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH DENGAN METODE BAGIAN (PART METHOD) UNTUK PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP NEGERI 2 WONOSARI

Nurul, Nurul Hadiyani (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH DENGAN METODE BAGIAN (PART METHOD) UNTUK PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL HADIYANI (09601244009).pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan passing bawah siswa peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 2 Wonosari yang belum bagus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan metobe bagian (part method) terhadap keterampilan passing bawah peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP N 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP N 2 Wonosari yang berjumlah 23 siswa dengan rincian siswa putra sebanyak 11 anak dan siswa putri sebanyak 12 anak. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen tes. Tes yang digunakan adalah Brumbach Forearm Pass Wall Volley Test yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan passing bawah peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP N 2 Wonosari. Teknik analisis data menggunakan uji t (t-test) pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan metode bagian (part method) terhadap keterampilan passing bawah peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP N 2 Wonosari yang ditunjukkan dengan hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung = 8.165 lebih besar dari t tabel = 2.074, dan memiliki peningkatan keterampilan passing bawah sebesar 39.94 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 30 Mar 2015 03:54
Last Modified: 29 Jan 2019 19:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14530

Actions (login required)

View Item View Item