TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 3 GODEAN SLEMAN

Febri, Febri Nurcahyo (2013) TINGKAT KEMAMPUAN MOTORIK PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 3 GODEAN SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Febri Nurcahyo.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Motivasi peserta didik mengikuti ekstrakurikuler sepakbola cukup tinggi, namun sebagian peserta didik mengalami kesulitan bermain permainan sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 3 Godean Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 3 Godean Sleman yang berjumlah 30 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Barrow Motor Ability Test dari Harold M. Barrow, berupa baterai tes terdiri dari tiga butir tes yaitu: (1) standing board jump, (2) zig zag run, dan (3) medicine ball put dengan koefisien validitas sebesar 0,92. Tes motorik ini telah perkokoh derajat validitas dan reliabilitasnya oleh Setyo Nugroho, yaitu: validitas tes standing board jump 0,907 dengan reliabilitas 0,919; validitas tes zig zag run 0,749 dengan reliabilitas 0,933; dan validitas tes medicine ball put 0,737 dengan reliabilitas 0,930. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian tingkat kemampuan motorik peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler di SMP Negeri 3 Godean Sleman secara rinci sebagai berikut: kategori baik ada 4 peserta didik (13,3%), kategori sedang ada 23 peserta didik (76,7%), kategori kurang ada 3 peserta didik (10%). Nilai rerata sebesar 151,5 terletak pada interval 130-180, maka tingkat kemampuan motorik peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 3 Godean Sleman adalah “sedang”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 30 Mar 2015 03:46
Last Modified: 29 Jan 2019 19:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14529

Actions (login required)

View Item View Item