EFEKTIFITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVIDIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Susanti, Sis (2015) EFEKTIFITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED DALAM SETTING PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVIDIONS (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SIS SUSANTI .pdf

Download (658kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan openended dalam setting pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP, efektivitas pembelajaran matematika konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP, dan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended dalam setting pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP dengan sampel penelitian diambil dua kelas dan banyaknya siswa di masing-masing kelas adalah 32 siswa di SMP Negeri 6 Yogyakarta yang dipilih secara acak yaitu VIII G sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan konvensional dan VIII F sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan pendekatan open-ended dalam setting pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji asumsi analisis, dan uji hipotesis dengan uji- . Hasil penelitian berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa: (1) pendekatan open-ended dalam setting pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP; (2) pendekatan konvensional (pendekatan saintifik) efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP; (3) pendekatan open-ended dalam setting pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 07 Apr 2015 02:45
Last Modified: 29 Jan 2019 19:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14524

Actions (login required)

View Item View Item