PERBEDAAN LATIHAN IMAGERY DENGAN MEDITASI TERHADAP KETEPATAN MEMANAH JARAK 18 METER INDOOR PADA ATLET PANAHAN MUSI BANYUASIN (SUMSEL

Oktita Indah Pratiwi, Oktita (2015) PERBEDAAN LATIHAN IMAGERY DENGAN MEDITASI TERHADAP KETEPATAN MEMANAH JARAK 18 METER INDOOR PADA ATLET PANAHAN MUSI BANYUASIN (SUMSEL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan beberapa pelatih sering menekankan latihan pada fisik, teknik dan taktik saja, sehingga latihan mental belum tersentuh diantaranya latihan imagery dengan meditasi, jadi apabila latihan ini tidak diterapkan akan mengakibatkan masalah pada faktor mental atlet panahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan antara latihan imagery dengan meditasi terhadap ketepatan memanah jarak 18 meter indoor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian two group pre test-post test desaign. Sampel dan populasi dalam penelitian ini adalah Atlet Panahan Musi Banyuasin (SUMSEL) berjumlah 12 atlet, kemudian dilakukan ordinal pairing dengan mengelompokkan berdasarkan hasil skor pre test pada jarak 18 meter indoor, sehingga terbagi 2 kelompok yakni kelompok A (Imagery) dan kelompok B (Meditasi) selanjutnya dilakukan treatment sebanyak 16x dan pada akhir perlakuan dilaksanakan post test pada ketepatan memanah jarak 18 meter indoor. Teknik analisis data dengan cara melakukan uji prasyarat untuk mengetahui normalitas dan homogenitas varians populasi agar dapat digunakan uji t untuk menganalisis data. Hasil penelitian akan dideskripsikan berdasarkan peningkatan hasil kedua kelompok pre-test, post-test, dan hasil peningkatan. kelompok A memperoleh pre test dengan mean 181,1 post test mean 190,3 dan mengalami peningkatan dari pre test ke post test dengan rata-rata 9,166. Sedangkan kelompok B memperoleh pre test 182,3 post test 190,5 dan mengalami peningkatan dengan rata-rata 8,166. Dilihat dari perbandingan rata-rata peningkatan bahwa latihan imagery mengalami peningkatan lebih besar dibandingkan meditasi, sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara latihan imagery dan meditasi terhadap ketepatan memanah jarak 18 meter indoor pada atlet Musi Banyuasin (SUMSEL). Dilakukan uji t (t-test) untuk mengetahui perbedaan latihan imagery dengan meditasi pada atlet panahan Musi Banyuasin dengan menembak jarak 18 meter indoor. Hal tersebut menunjukkan bahwa t hitung < t tabel = -0,10 < 2,22 dengan taraf signifikansi 0,08%. Dengan demikian bahwa Hipotesis nul (Ho): tidak ada perbedaan antara latihan imagery dengan meditasi pada ketepatan memanah jarak 18 meter indoor atlet panahan Musi Banyuasin (SUMSEL).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 30 Mar 2015 02:03
Last Modified: 29 Jan 2019 19:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14507

Actions (login required)

View Item View Item