PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PINTAR BOLABASKET DALAM MEMPERKENALKAN TEKNIK DASAR BOLA BASKET UNTUK ANAK USIA DINI

Metasari Dian Nursanti (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PINTAR BOLABASKET DALAM MEMPERKENALKAN TEKNIK DASAR BOLA BASKET UNTUK ANAK USIA DINI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Metasari Dian Nursanti (10602241022).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran kartu pintar bola basket dalam memperkenalkan teknik dasar bola basket untuk usia dini dan dapat digunakan sebagai media pengajaran untuk guru atau pelatih serta siswa dalam melatih kemandirian pembelajaran. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), yang menggunakan tujuh langkah dalam penelitian pengembangan. Pengembangan media pembelajaran kartu pintar bola basket, terlebih dahulu divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli media dan 4 peserta didik untuk uji subyek uji coba satu lawan satu, 10 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil, 20 peserta didik untuk uji coba lapangan. Subyek dalam penelitian ini adalah klub bola basket Yuso DIY dan klub bola basket Putra Bangsa Klaten. Analisis data dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian dan pengembangan: menerangkan secara keseluruhan, media pembelajaran bola basket dengan pokok bahasan materi (dribbling, shooting, passing, ballhandling, pivot, crossover) ini dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran bolabasket untuk usia dini dengan tingkat kelayakan sebesar 65% dan dari segi kelayakan media sebesar 75,5%. Bedasarkan uji coba lapangan, kelayakan dari media pembelajaran pintar bola basket untuk peserta didik usia 6-12 tahun meliputi: Segi materi sebesar 90%, Segi desain kartu 93%, Segi desain buku pelaksanaan 91%, Segi desain kotak kartu 89%, Secara keseluruhan media pembelajan kartu pintar bola basket ini layak digunakan dalam pengenalan teknik dasar bola basket untuk usia dini setelah melalui beberapa tahap uji coba.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 10602241022
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Kartu Pintar, Teknik Dasar Bola basket
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Mar 2015 01:42
Last Modified: 29 Jan 2019 19:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14496

Actions (login required)

View Item View Item