PENGARUH MODEL LATIHAN SIRKUIT TRAINING TERHADAP DAYA TAHAN AEROBIK PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL

Wikan Ilham Prasetyo, Wikan (2014) PENGARUH MODEL LATIHAN SIRKUIT TRAINING TERHADAP DAYA TAHAN AEROBIK PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NEGERI 2 SEWON BANTUL. S1 thesis, Fakultas ilmu Keolahragaan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai variasi program latihan yang diberikan pelatih sepakbola untuk meningkatkan daya tahan paru jantung masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan model latihan sirkuit training terhadap daya tahan aerobik peserta ekstrakurikuler Sepakbola SMP Negeri 2 Sewon Bantul dengan model latihan sirkuit training. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan teknik tes untuk pengambilan datanya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 22 orang dibagi menjadi dua kelompok, 11 untuk kelompok kontrol dan 11 kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes lari 12 menit yang dikembangkan oleh (Cooper:2006). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t korelasi yang membandingkan antar dua nilai pengamatan berpasangan, yaitu dengan membandingkan hasil pretest dengan posttest pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai uji-t antara pretest dan postest kelompok eksperimen latihan circuit training terhadap daya tahan aerobik yang memiliki nilai t hitung = 4.023 > t (0,05)(10) = 2.228, karena t hitung lebih besar dari t-tabel maka ada perbedaan yang signifikan. Dilihat dari nilai rata-rata kelompok eksperimen, maka diperoleh nilai rata-rata pretest = 2284.0 dan nilai rata-rata postest = 2414.3, karena nilai rata-rata postest lebih besar dari nilai rata-rata pretest, hingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh latihan circuit training terhadap daya tahan aerobik sebesar = 130.3 atau 5.75 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 30 Mar 2015 01:49
Last Modified: 29 Jan 2019 19:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14492

Actions (login required)

View Item View Item