UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT DAN LONCAT DENGAN MODIFIKASI ALAT BANTU PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SOKAWERA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Karyono (2014) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT DAN LONCAT DENGAN MODIFIKASI ALAT BANTU PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SOKAWERA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KARYONO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran gerak dasar lompat dan loncat siswa kelas IV SD Negeri 1 Sokawera Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran gerak dasar lompat dan loncat dengan modifikasi alat bantu siswa kelas IV SD Negeri 1 sokawera Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yang digunakan siswa kelas IV sejumlah 19 anak. Penelitian tindakan setiap siklus dengan dua kali pertemuan, setiap pertemuan selama 70 menit. Peningkatan pembelajaran gerak dasar lompat dan loncat difokuskan pada peningkatan keterampilan unjuk kerja siswa, peningkatan tanggapan siswa, dan peningkatan penilaian keterampilan guru oleh kolaborator terhadap pembelajaran gerak dasar lompat dan loncat. Data yang akan diambil oleh peneliti dan kolaborator menggunakan instrumen berupa angket tanggapan siswa, evaluasi unjuk kerja kemampuan gerak dasar lompat dan loncat dan lembar observasi pengamatan terhadap guru. Pengambilan data dilakukan saat pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa tindakan dengan modifikasi alat bantu dilakukan dalam 2 siklus dengan keseluruhan 4 kali pertemuan, ternyata mampu meningkatkan pembelajaran gerak dasar lompat dan loncat siswa kelas IV SD Negeri 1 Sokawera Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan keterampilan unjuk kerja gerak dasar lompat dari siklus satu 57,89% dan siklus dua menjadi 89,47% atau sebesar 31,58% dan peningkatan nilai belajar tes unjuk kerja gerak dasar loncat dari siklus satu 57,89% dan siklus dua menjadi 84,21% atau sebesar 26,32%, peningkatan tersebut juga diikuti dengan peningkatan tanggapan siswa terhadap pembelajaran, dan peningkatan hasil observasi keterampilan guru dalam proses pembelajaran oleh kolaborator terhadap pembelajaran gerak dasar lompat dan loncat.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 12604227076
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, gerak dasar lompat, gerak dasar loncat, modifikasi, alat bantu.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Mar 2015 01:19
Last Modified: 29 Jan 2019 19:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14481

Actions (login required)

View Item View Item