DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET BASED AUTHENTIC ASSESSMENT TO INCREASE PROCESS SKILL AND ABILITIES OF STUDENT’S REPORTING EXPERIMENT IN RECTILINEAR MOTION FOR GRADE X MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA SENIOR HIGH SCHOOL

Asesanti Pratiwi, Rosana Dwi (2015) DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET BASED AUTHENTIC ASSESSMENT TO INCREASE PROCESS SKILL AND ABILITIES OF STUDENT’S REPORTING EXPERIMENT IN RECTILINEAR MOTION FOR GRADE X MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA SENIOR HIGH SCHOOL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rosana Dwi Asesanti Pratiwi.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan LKS yang valid dan layak sebagai sumber penilaian autentik (authentic assesment) yang mendukung keterlaksanaan kurikulum 2013; 2) mengetahui peningkatan keterampilan proses dan kemampuan membuat laporan percobaan siswa materi gerak lurus. Peningkatan keterampilan proses siswa dinilai dengan menggunakan dua instrumen penilaian yaitu lembar pengamatan keterampilan proses dan instrumen test berupa pretest dan posttest. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R & D) yang dikembangkan oleh Thiagarajan dan Sammel. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D dengan tahap-tahap Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Tahap Define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan syarat dalam pembelajaran. Tahap Design dilakukan dengan dosen pembimbing untuk menentukan isi, serta lay out LKS. Tahap Develop dilakukan dengan cara bersinergi dengan ahli yaitu dosen FMIPA untuk memvalidasi produk LKS yang dikembangkan. Tahap dessiminate tidak dilakukan pada penelitian ini karena keterbatasan biaya dan waktu. Penelitian ini hanya sampai pada tahap developdengan uji coba terbatas pada siswa kelas X-MIA 5 SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta pada semester I tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi pembelajaran di kelas, lembar wawancara, lembar validasi LKS, lembar validasi instrumen penilaian, lembar validasi RPP, soal pretest, soal posttestlembar pengamatan keterampilan proses, lembar pengamatan afektif, dan lembar pengamatan psikomotor. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang disusun valid dan layak dengan kategori sangat baik berdasarkan beberapa aspek penilaian yang meliputi : kelengkapan identitas LKS; aspek isi; aspek penggunaan bahasa; dan aspek kegrafisan sehingga dapat digunakan untuk menilai peningkatkan keterampilan proses dan kemampuan laporan percobaan dengan menggunakan penilaian autentik. Peningkatan ketercapaian keterampilan proses siswa berdasarkan pengamatan pada kegiatan 1 dan 2 serta pada kegiatan 2 dan 3 secara berturut-turut adalah 8,53% dan 6,25%. Sedangkan berdasarkan penilaian kognitif besar persentase peningkatan ketercapaian keterampilan proses siswa adalah sebesar 36,41%. Peningkatan ketercapaian kemampuan membuat laporan percobaan dari kegiatan 1 dan 2 serta dari kegiatan 2 dan 3 berturut-turut adalah sebesar 6,95% dan 0,92%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKS berbasis authentic assesment, keterampilan proses, gerak lurus
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 07 Apr 2015 02:42
Last Modified: 29 Jan 2019 19:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14470

Actions (login required)

View Item View Item