PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI PERBANDINGAN

Bayu, Asmara (2010) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI PERBANDINGAN. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Bayu-PENGEMBANGAN_LEMBAR_KEGIATAN_SISWA.doc

Download (22kB)
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif matematika pada siswa kelas VII SMP. Adapun tujuannya adalah mengembangkan LKS yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP kelas VII. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam mengembangkan LKS guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk berupa LKS. Dalam penelitian ini peneliti mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evalution (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah guru matematika SMP dan siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kreativitas, angket tanggapan siswa, pedoman wawancara guru, dan tes kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian pengembangan LKS guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif matematis adalah: (1) Pengembangan LKS guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif matematis dilakukan melalui tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dalam LKS diberikan soal atau pertanyaan yang dapat menumbuhkembangkan kreativitas yaitu pembelajaran pendekatan terbuka (problem open ended) dan digunakan model pengajuan masalah (problem possing) (2) Kendala yang dihadapi dalam mengembangkan LKS ini adalah sedikitnya referensi tentang pengembangan LKS yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, peneliti kesulitan menyusun soal-soal pemecahan masalah yang sesuai dengan karakteristik siswa, dan keterbatasan peneliti dalam menyusun instrumen tes yang baik dan mengacu pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dari keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini diperoleh LKS yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor Pendidikan Matematika
Date Deposited: 03 Jul 2012 07:17
Last Modified: 29 Jan 2019 14:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1447

Actions (login required)

View Item View Item