PENINGKATAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE BERMAIN MENGGUNAKAN SIMPAI DAN BALON PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG

Novita Listiani Putri, Novita (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE BERMAIN MENGGUNAKAN SIMPAI DAN BALON PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk menghasilkan manusia yang berkualitas. Pendidikan jasmani disekolah selalu dikaitkan dengan metode pembelajaran serta evaluasi disekolah karena berkenaan dengan hasil belajar dan peningkatan belajar khususnya untuk para siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan lompat jauh dengan metode bermain menggunakan simpai dan balon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling seadanya (total sampling). Teknik ini digunakan karena anggota sampel dipilih secara keseluruhan berdasarkan tujuan penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Muntilan yang mengikuti ekstrakurikuler khususnya lompat jauh berjumlah 32 siswa baik saat pretest maupun posttest. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrumen yang digunakan tes kemampuan lompat jauh. Teknik analisa data menggunakan analisis uji t, melalui uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Penelitian ini menggunakan uji-t untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh nilai kemampuan lompat jauh dengan metode bermain menggunakan simpai dan balon siswa kelas VII SMP N 2 Muntilan. Hasil perhitungan menunjukkan di peroleh bahwa thitung sebesar 15,531 dan nilai dari ttabel sebesar 2,042 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,00. Oleh karena nilai thitung ≥ ttabel yaitu 15,531 ≥ 2,042 dan nilai signifikasi ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan nilai hasil kemampuan lompat jauh melalui metode bermain menggunakan simpai dan balon pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Muntilan Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 30 Mar 2015 01:28
Last Modified: 29 Jan 2019 19:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14462

Actions (login required)

View Item View Item