IDENTIFIKASI KETERLAKSANAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN GAYA MENGAJAR MENURUT MOSSTON OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI BAKULAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Harnum, Prabawati (2013) IDENTIFIKASI KETERLAKSANAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN GAYA MENGAJAR MENURUT MOSSTON OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR NEGERI BAKULAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
43. Harnum.pdf

Download (96MB) | Preview

Abstract

Guru Penjasorkes yang dituntut mampu memberikan pembelajaran yang mengandung unsur pembelajaran yang aktif atau terpusat pada siswa ternyata belum sepenuhnya menjalankan tugas dengan maksimal. Ada beberapa guru Penjas yang memberikan pembelajaran hanya sebagai rutinitas kerja. Hal ini menimbulkan kesan kurang untuk guru Penjas secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterlaksanaan pendekatan pembelajaran gaya mengajar menurut Mosston oleh guru pendidikan jasmani di SD Negeri Bakulan tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kualitatif yang dimana data kualitatif berupa hasil observasi dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru pendidikan jasmani SD Negeri Bakulan yang bernama Yamtini S.Pd. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas instrumen penelitian dilakukan oleh satu orang Judgement yaitu Bapak Saryono, S.Pd. Jas, M.Or. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi guna memperoleh objektivitas data mengunakan Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran gaya mengajar menurut Mosston oleh guru pendidikan jasmani di SD Negeri Bakulan ini sudah berjalan. Gaya mengajar yang sering digunakan oleh guru pendidikan jasmani adalah gaya komando, gaya latihan, gaya inklusi dan gaya penemuan terbimbing. Belum semua gaya diterapkan dalam pembelajaran. Hal itu disebabkan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Faktor pendukungnya adalah semangat guru pendidikan jasmani dalam memberikan pelajaran yang tidak monoton dan agar siswa lebih aktif dan kreatif. Faktor penghambat adalah sarana dan prasarana, kurangnya sosialisasi tentang gaya mengajar dan tenaga pengajar. Kata kunci : Pembelajaran, gaya mengajar menurut Mosston, guru pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 30 Mar 2015 00:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14448

Actions (login required)

View Item View Item