HUBUNGAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI, POWER TUNGKAI DAN KELENTUKAN TUNGKAI DENGAN START RENANG GAYA KUPU-KUPU PADA ATLET PERKUMPULAN RENANG YUSO YOGYAKARTA

Yanuar Rachman Sadewa, YRS (2011) HUBUNGAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI, POWER TUNGKAI DAN KELENTUKAN TUNGKAI DENGAN START RENANG GAYA KUPU-KUPU PADA ATLET PERKUMPULAN RENANG YUSO YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan dari kekuatan otot tungkai, power tungkai, dan kelentukan tungkai dengan start renang gaya kupu-kupu, serta besarnya sumbangan kekuatan otot tungkai, power tungkai, dan sumbangan kelentukan tungkai dengan start renang gaya kupu-kupu pada atlet klub renang Yuso. Desain Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan teknik studi korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh atlet Perkumpulan Renang Yuso Yogyakarta, tahun 2010. Sampel dalam penelitian ini adalah atlet putra perkumpulan renang Yuso Yogyakarta dengan jumlah 12 atlet yang telah memiliki kemampuan sesuai kriteria yang telah ditentukan seperti: (1) memiliki kemampuan renang gaya kupu-kupu yang baik, (2) mampu melakukan start renang gaya kupu-kupu atau dengan grab start yang baik, dan (3) berusia 1016 tahun. Selanjutnya penentuan kelayakan ini ditentukan oleh judge yang berjumlah 3 orang. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan metode survei teknik tes dan pengukuran. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan teknik tes retest. Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa (1) ada hubungan antara kekuatan otot tungkai dengan start renang gaya kupu-kupu sebesar 66,67%. (2) ada hubungan antara power tungkai dengan start renang gaya kupu-kupu sebesar 83,33%. (3) ada hubungan antara kelentukan tungkai dengan start renang gaya kupu-kupu sebesar 50,00%. (4) ada hubungan antara gabungan ketiga variable bebas (kekuatan otot tungkai, power tungkai, dan kelentukan tungkai) dengan start renang gaya kupu-kupu sebesar 46,67%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Admin Pendidikan Kepelatihan FIK
Date Deposited: 07 Apr 2015 00:52
Last Modified: 11 Mar 2019 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14447

Actions (login required)

View Item View Item