PROFIL KONDISI FISIK SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SD NEGERI JOMBOR LOR SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012-2013

Arif, Hidayat (2013) PROFIL KONDISI FISIK SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SD NEGERI JOMBOR LOR SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012-2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
38. Arif.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam cabang olahraga sepakbola, kondisi fisik merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam menunjang kemampuan seseorang dalam bermain sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kondisi fisik siswa yang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola di Sekolah Dasar Negeri Jombor Lor tahun ajaran 2012-2013. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan metode survey, dan teknik pengambilan data berupa tes dan pengukuran. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakulikuler sepakbola Sekolah Dasar Negeri Jombor Lor tahun ajaran 2012-2013 yang masih aktif dan tercatat sebagai anggota ekstrakulikuler, dengan jumlah total sebanyak 24 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tujuh item test, yaitu tes lari 20 meter, basic movement test, triple hop jump test, tes lempar bola, vertikal jump test, tes lari 40 meter, dan tes lari multi tahap. Teknik analisis data yag digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan pemaparan data dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa profil kondisi fisik siswa yang mengikuti ekstrakulukuler sepakbola di Sekolah Dasar Negeri Jombor Lor termasuk dalam kategori cukup, hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya jumlah mean data gabungan dari tujuh item tes profil kondisi fisik yang telah di ubah menjadi t-score, adalah sebesar 396.50 yang masuk dalam kategori kelas interval cukup yaitu antara nilai diantara 366 sampai dengan 427. Kata Kunci: Profil, Kondisi Fisik, Sepakbola.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 29 Mar 2015 23:47
Last Modified: 29 Jan 2019 19:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14441

Actions (login required)

View Item View Item