UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK N 5 YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KELOMPOK DAN PEMANFAATAN HANDOUT

Ayuningtyas, Annis Deshinta (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK N 5 YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KELOMPOK DAN PEMANFAATAN HANDOUT. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSRTACT_ICMNS__ITB_FINISH.doc

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X Tekstil B SMK N 5 Yogyakarta pada materi persamaan kuadrat dengan menggunakan pembelajaran kelompok dan pemanfaatan handout. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subyek penelitian ini sebanyak 35 siswa kelas X Tekstil B SMK N 5 Yogyakarta. Obyek penelitian ini adalah proses pelaksanaan pembelajaran kelompok dan pemanfaatan handout pada materi persamaan kuadrat. Instrumen penelitian ini adalah peneliti, lembar observasi kegiatan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kelompok dan pemanfaatan handout, lembar observasi kemandirian belajar siswa, pedoman wawancara, lembar angket kemandirian belajar, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran kelompok dan pemanfaatan handout yang dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa adalah (a) penerapan pembelajaran kelompok sebagai berikut: (i) pembelajaran kelompok diawali dengan pembentukan kelompok yang terdiri dari siswa dengan kemampuan akademik yang bervariasi yaitu kemampuan tinggi, sedang, dan rendah, (ii) setiap kelompok terdiri dari 4 siswa, (iii) siswa duduk saling berhadapan, (iv) guru memantau kegiatan diskusi setiap kelompok dan membantu siswa yang mengalami kesulitan, dan (v) siswa mempresentasikan hasil diskusinya kemudian siswa yang lain menanggapi dan selanjutnya dibahas bersama dengan guru. (b) handout yang diberikan pada siswa yaitu (i) handout yang menyajikan konsep, prinsip, gagasan pokok tentang suatu materi pelajaran, (ii) materi handout dikumpulkan dari buku teks atau referensi yang relevan dengan materi pokok yang harus dikuasai siswa, (iii) handout diberikan pada setiap siswa, (iv) materi pada handout ditulis dengan jelas dan dalam penulisan contoh soal ada langkah-langkah mengerjakan yang tidak ditulis, (v) latihan soal dibuat bervariasi tingkat kesulitannya dan ditulis secara runtut dari soal yang mudah terlebih dahulu, (vi) soal yang diberikan disesuaikan dengan waktu yang tersedia, (vii) ada kemiripan antara contoh soal pada handout dengan latihan soal. (2) Pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kelompok dan pemanfaatan handout dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase kemandirian belajar matematika siswa berdasarkan hasil observasi dari siklus I ke siklus II yaitu dari 57, 64 % menjadi 72, 92 %. Selain itu, berdasarkan hasil observasi ditunjukkan bahwa rata-rata persentase aspek kemandirian belajar matematika siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu (a) kemampuan mengatur belajarnya sendiri dari 31,01 % menjadi 71,21 %, (b) inisiatif dari 55,02 % menjadi 62,33 %, (c) motivasi dari 60,66 % menjadi 75 %, (d) percaya diri dari 69,99 % menjadi 75 %, dan (e) tanggung jawab dari 71,56 % menjadi 80,30 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: admin fmipa
Date Deposited: 03 Jul 2012 07:07
Last Modified: 03 Jul 2012 07:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1444

Actions (login required)

View Item View Item