MENINGKATKAN KETERAMPILAN HITUNG PENJUMLAHAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN BUJUR SANGKAR AJAIB KELAS II SD 1 PEDES KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL

Muhammad, Arifin (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN HITUNG PENJUMLAHAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN BUJUR SANGKAR AJAIB KELAS II SD 1 PEDES KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMAD ARIFIN 10108244098.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan hitung penjumlahan melalui permainan bujur sangkar ajaib (BSA) pada pelajaran matematika siswa kelas II SD 1 Pedes, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD 1 Pedes, Sedayu, Bantul. Jumlah siswa kelas II yaitu 29 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah keterampilan hitung penjumlahan. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan bujur sangkar ajaib (BSA) dengan operasi penjumlahan dapat meningkatkan keterampilan hitung penjumlahan siswa kelas II SD 1 Pedes, Sedayu, Bantul. Meningkatnya keterampilan hitung penjumlahan siswa dapat dilihat dari hasil belajar siswa yaitu pada pratindakan nilai rata-rata siswa sebesar 59,05, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 63,63. Setelah dilakukan perbaikan pada pelaksanaan tindakan nilai rata-rata siswa siklus II meningkat menjadi 81,34. Lebih dari 75 persen siswa sudah berhasil mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan dan siswa yang belum berhasil mencapai KKM minimal sudah mendapatkan nilai 60. Kata kunci: keterampilan hitung penjumlahan, permainan bujur sangkar ajaib.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:52
Last Modified: 29 Jan 2019 19:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14430

Actions (login required)

View Item View Item