PENGARUH MODEL MEMBACA TOTAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V B SD NEGERI 1 SUMBERAGUNG JETIS KABUPATEN BANTUL

Nunung, Febriana (2014) PENGARUH MODEL MEMBACA TOTAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V B SD NEGERI 1 SUMBERAGUNG JETIS KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Nunung Febriana_10108241078.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Model Membaca Total terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V B SD Negeri 1 Sumberagung pada pembelajaran tema 2 “Peristiwa dalam Kehidupan” subtema 1 “Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan”. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang menggunakan desain penelitian berupa one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V B SD Negeri 1 Sumberagung yang berjumlah 20 siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan Model Membaca Total. Variabel penelitian ada dua yaitu variabel Model Membaca Total (X) dan kemampuan membaca pemahaman (Y). Data diambil, melalui tes (pretest dan postest). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh Model Membaca Total terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V B SD Negeri 1 Sumberagung. Hal ini ditunjukkan oleh perbedaan nilai rerata kemampuan membaca pemahaman antara prestest dan postest yaitu 60,90 dan 73,30. Pengaruh Model Membaca Total terhadap kemampuan membaca pemahaman dihitung dari selisih nilai postest dan nilai pretest. Terbukti bahwa terdapat pengaruh Model Membaca Total terhadap kemampuan membaca pemahaman sebesar 20,36%. Terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman menggunakan Model Membaca Total dengan pembelajaran konvensional sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan Model Membaca Total memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V B SD Negeri 1 Sumberagung. Kata kunci: model membaca total, kemampuan membaca pemahaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:51
Last Modified: 29 Jan 2019 19:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14429

Actions (login required)

View Item View Item