PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 KELAS IV SD GANDOK, TIMBULHARJO, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA

Annisa Nur, Hidayat (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 KELAS IV SD GANDOK, TIMBULHARJO, SEWON, BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
skripsi_ppsd_pgsd_annisanurhidayat_10108241074.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dalam Kurikulum 2013 di kelas IV SD Negeri Gandok, Timbulharjo, Sewon, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah satu guru kelas, satu guru PJOK, dan 10 siswa kelas IV. Dari subjek penelitian tersebut peneliti ingin mengetahui strategi pemeblajaran yang digunakan guru, proses pembelajaran dengan kegiatan saintifik, pelaksanaan penilaian autentik dan hamabtan yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas IV telah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Penggunaan model, metode dan media dalam pembelajaran sudah mengaktifkan siswa dalam kegiatan saintifik. Pendekatan saintifik telah dilaksanakan dalam pembelajaran dengan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan. Semua rangkaian kegiatan saintifik tersebut tidak selalu selesai dilaksanakan dalam satu pertemuan, ada yang dilaksanakan berlanjut pada pertemuan berikutnya menyesuaikan materi dan jadwal. Pelaksanaan rangkaian kegiatan saintifik tersebut pun tidak selalu urut. Teknik penilaian yang digunakan oleh guru yaitu, tes tertulis, kinerja dan portofolio. Hambatan yang muncul dari pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di kelas IV ini adalah kemampuan menalar anak yang masih kurang dan guru belum memahami cara pelaksanaan penilaian autentik Kata kunci: pembelajaran berpendekatansaintifik, sekolah dasar, kurikulum 2013

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:50
Last Modified: 29 Jan 2019 19:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14424

Actions (login required)

View Item View Item