UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIIC SMP MUHAMMADIYAH 1 MLATI PADA MATERI PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VISUAL AUDITORI KINESTETIK

Hermawan, Anas (2014) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIIC SMP MUHAMMADIYAH 1 MLATI PADA MATERI PECAHAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VISUAL AUDITORI KINESTETIK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Anas Hermawan_09313244024.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Mlati pada materi pecahan melalui pembelajaran matematika berbasis visual auditori kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Mlati tahun ajaran 2012/2013 dengan banyak siswa 32 orang. Pelaksanaan penelitian ini mempunyai 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket gaya belajar, tes pemahaman konsep, lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas VII C SMP Muhammadiyah 1 Mlati meningkat setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran matematika berbasis visual auditori kinestetik. Rata-rata jumlah skor pemahaman konsep pada siklus I untuk indikator pertama yaitu menyatakan ulang konsep matematika yang telah dipelajari adalah 59,38% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 74,22%. Untuk indikator kedua yaitu mengklasifikasi objek-objek menurut sifatnya pada penyelesaian masalah matematika adalah 67,19% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 71,88%. Untuk indikator ketiga yaitu mengaplikasikan contoh dan non-contoh dari konsep dalam penyelesaian masalah matematika adalah 70,31% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,25%. Untuk indikator keempat yaitu menggunakan konsep atau algoritma pemecahan masalah pada penyelesaian masalah matematika adalah 56,25% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 77,34%. Untuk indikator kelima yaitu menginterpretasikan konsep matematika ke dalam bentuk representasi matematis adalah 53,91% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 71,13%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: visual auditori kinestetik, pemahaman konsep, pecahan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 07 Apr 2015 02:41
Last Modified: 29 Jan 2019 19:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14421

Actions (login required)

View Item View Item