PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 2 SENTOLO TAHUN AJARAN 2013/2014

Seni, Nurahmawati (2014) PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 2 SENTOLO TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SENI NURAHMAWATI_10108244085.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan keaktifan siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Negeri 2 Sentolo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD N 2 Sentolo dengan jumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen terlebih dahulu divalidasi menggunakan expert judgement. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan persentase rata-rata variabel yang diukur pada tiap siklus. Peningkatan persentase kerjasama siswa yang terjadi setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan II yaitu aspek turut serta dalam kegiatan kelompok mengalami peningkatan sebesar 18%. Selanjutnya pada aspek menjalankan perintah guru mengalami peningkatan sebesar 10%. Pada aspek ikut serta dalam menjawab pertanyaan mengalami peningkatan sebesar 11%. Pada aspek ikut serta dalam bertanya mengalami peningkatan sebesar 16%. Pada aspek menyelesaikan tugas tepat waktu mengalami peningkatan sebesar 20%. Pada aspek menyelesaikan tugas dengan tuntas mengalami peningkatan sebesar 16%. Pada aspek berbicara/ bersikap sopan mengalami peningkatan sebesar 15%. Pada aspek jika berbeda pendapat bersikap tidak memusuhi mengalami peningkatan sebesar 13%. Sementara itu pada keaktifan terjadi peningkatan yaitu pada kegiatan oral (a) terjadi peningkatan sebesar 29%, kegiatan oral (b) terjadi peningkatan sebesar 25%, kegiatan oral (c) terjadi peningkatan sebesar 34%, kegiatan oral (d) terjadi peningkatan sebesar 21%. Aspek selanjutnya adalah kegiatan visual (a) terjadi peningkatan sebesar 18%, kegiatan visual (b) terjadi peningkatan sebesar 19%. Pada kegiatan listening (a) terjadi peningkatan sebesar 15%, kegiatan listening (b) terjadi peningkatan sebesar 8%. Terakhir pada kegiatan writting (a) terjadi peningkatan sebesar 25%, dan kegiatan writting (b) terjadi peningkatan sebesar 16%. Kata kunci: Kerjasama, Keaktifan, Pendekatan Kontekstual

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:47
Last Modified: 29 Jan 2019 19:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14415

Actions (login required)

View Item View Item