IDENTIFIKASI HAMBATAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD N WONOSARI IV GUNUNGKIDUL

Hasan, Ismail (2014) IDENTIFIKASI HAMBATAN GURU PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD N WONOSARI IV GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Hasan Ismail.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan pelaksanaan pembelajaran tematik di SD N Wonosari IV Ledoksari, desa Kepek, kecamatan Wonosari, kabupaten Gunungkidul, DIY. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas rendah (kelas I, II, III) yang mengajar di kelas pada tahun ajaran 2013/2014. Setting penelitian mengambil tempat di SD N Wonosaari IV dengan menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan model Interaktif Huberman & Miles. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan pelaksanaan pembelajaran tematik di SD N Wonosari IV berupa: (1) keterbatasan pemahaman guru tentang konsep perkembangan anak usia SD dan karakteristiknya karena hanya diperoleh saat kuliah kependidikan dan berdampak pada kurang optimalnya guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik sesuai perkembangan anak, (2) keterbatasan pengetahuan guru mengenai pelaksanaan pembelajaran tematik, sehingga berdampak pada ketidakmunculan beberapa karakteristik pembelajaran tematik, (3) faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran tematik adalah a) guru kurang disiplin waktu dalam hal melengkapi tugas administrasi guru, b) guru belum begitu memahami tentang pengembangan pembelajaran tematik dalam RPP, c) guru kesulitan dalam mengintegrasikan tema ke dalam jadwal yang sudah ada, d) guru kesulitan mengelola proses pembelajaran siswa kelas rendah karena kurang pemahaman dalam perkembangan anak usia SD, e) guru tidak fokus terhadap materi yang diajarkan, f) guru belum bisa menilai siswa secara menyeluruh dalam mengevaluasi tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor, (4) Guru sudah melakukan beberapa upaya dalam mengatasi hambatan pelaksanaan pembelajaran tematik. Kata kunci: pembelajaran tematik, guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:46
Last Modified: 29 Jan 2019 19:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14413

Actions (login required)

View Item View Item