PENDIDIKAN NILAI KEPEDULIAN SOSIAL PADA SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR NEGERI MUARAREJA 2 KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2013/2014

Galing Faizar, Rahman (2014) PENDIDIKAN NILAI KEPEDULIAN SOSIAL PADA SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR NEGERI MUARAREJA 2 KOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Galing.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan nilai kepedulian sosial pada siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri Muarareja 2 Kota Tegal Tiga pertanyaan penelitian diajukan yang berhubungan dengan tujuan penelitian tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan subjek guru dan siswa kelas IV, V, VI, dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi teknik untuk memperoleh keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru sudah menanamkan nilai kepedulian sosial di SD N Muarareja 2 Kota Tegal. Penanaman tersebut meliputi; (1) cara verbal melalui motivasi, nasihat, cerita, teguran, hukuman, pujian, dan cara non verbal melalui pembiasaan perilaku, teladan; (2) strategi keteladanan, kegiatan spontan teguran, pengondisian lingkungan, dan kegiatan rutin belum dilaksanakan dengan baik dan maksimal; (3) guru menggunakan model gabungan dengan mengintegerasikan penanaman nilai melalui pelajaran dan luar pelajaran. Kata kunci: Pendidikan nilai, penanaman nilai kepedulian sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:45
Last Modified: 29 Jan 2019 19:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14410

Actions (login required)

View Item View Item