MENINGKATAN DAYA INGAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING PADA ANAK KELOMPOK B1 TK LKMD SINGOSAREN BANGUNTAPAN

Reni Tri, Rahayu (2014) MENINGKATAN DAYA INGAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING PADA ANAK KELOMPOK B1 TK LKMD SINGOSAREN BANGUNTAPAN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya ingat anak Kelompok B1 TK LKMD Singosaren Banguntapan melalui penggunaan media Mind Mapping (Peta Pikiran). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah 19 anak Kelompok B1 TK LKMD Singosaren Banguntapan, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah daya ingat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes perbuatan. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Target dari hasil penelitian ini yaitu peningkatan daya ingat anak dengan kriteria sangat baik minimal mencapai 81%. Pada kondisi awal, daya ingat anak diperoleh hasil rata-rata sebanyak 57,9%. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I, peningkatan daya ingat diperoleh hasil rata-rata sebanyak 71%. Penelitian ini dihentikan sampai Siklus II karena telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan dengan hasil rata-rata mencapai hingga 98,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mind mapping yang dijelaskan dengan menyebutkan ciri-ciri dari gambar yang terkait dapat meningkatkan daya ingat. Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dengan media mind mapping yaitu (1) memperlihatkan media mind map; (2) menjelaskan semua gambar benda pada media mind map menyebutkan ciri-ciri dari gambar yang sedang dijelaskan; dan (3) menutup media mind map lalu mengajak anak untuk menyebutkan kembali informasi dalam media. Kata kunci: daya ingat, media mind mapping, anak Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:44
Last Modified: 29 Jan 2019 19:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14408

Actions (login required)

View Item View Item