PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN IPA BERPUSAT PADA SISWA BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI TURI 3 KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN

Yunita Dwi, Rukmana (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA PEMBELAJARAN IPA BERPUSAT PADA SISWA BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI TURI 3 KECAMATAN TURI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUNITA DWI RUKMANA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses siswa melalui penerapan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPA berpusat pada siswa bagi siswa kelas V SD Negeri Turi 3 Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Turi 3 Kecamatan Turi Kabupaten Sleman yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui keterampilan proses siswa dan tes untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal yang disusun berdasarkan tujuan pembelajaran dan lembar observasi yang digunakan untuk mengamati keterampilan proses siswa dan keterampilan bertanya guru selama proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan keterampilan bertanya dapat meningkatkan keterampilan proses siswa kelas V SD Negeri Turi 3. Pada siklus I, persentase siswa dengan keterampilan proses berkategori tinggi mencapai 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 98%. Penelitian berhenti pada siklus II karena hasil yang diperoleh pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu persentase siswa dengan keterampilan proses berkategori tinggi > 75% dari jumlah siswa. Kata kunci: keterampilan proses,keterampilan bertanya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:44
Last Modified: 29 Jan 2019 19:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14407

Actions (login required)

View Item View Item