MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMBENTUK MENGGUNAKAN MEDIA TANAH LIAT DI KELOMPOK A TK GITA INSANI SLEMAN

Heni, Primasari (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMBENTUK MENGGUNAKAN MEDIA TANAH LIAT DI KELOMPOK A TK GITA INSANI SLEMAN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Heni Primasari_11111247024.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan membentuk menggunakan media tanah liat di kelompok A TK Gita Insani Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di TK Gita Insani Sleman. Penelitian ini mengunakan model Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 18 anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek yang diteliti adalah peningkatan kemampuan motorik halus anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motorik halus anak dapat meningkat setelah diberi tindakan melalui kegiatan membentuk menggunakan media tanah liat. Dengan indikator meremas-remas tanah liat dengan jari jemari anak, mengkoordinasikan mata dan tangan untuk membuat bentuk, menjiplak bentuk dan membentuk dengan media tanah liat. Hal ini ditunjukan dengan hasil observasi sebelum tindakan menunjukan kemampuan motorik halus anak secara klasikal pada kritetia baik yaitu 28 %. Pada siklus I meningkat menjadi 44 % anak dengan kriteria baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 84 % anak dengan kriteria baik. Pada siklus II ini kemampuan motorik halus anak telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 84 % dari 18 jumlah anak yang telah mencapai indikator pada kriteria baik. Dengan demikian, kegiatan membentuk dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Kata kunci:kemampuan motorik halus, kegiatan membentuk.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:43
Last Modified: 29 Jan 2019 19:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14405

Actions (login required)

View Item View Item