UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOORDINASI GERAK MATA DAN TANGAN MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DENGAN BERBAGAI MEDIA PADA ANAK KELOMPOK A1 DI TK ABA KARANGMALANG

Whinda, Tuntari (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOORDINASI GERAK MATA DAN TANGAN MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DENGAN BERBAGAI MEDIA PADA ANAK KELOMPOK A1 DI TK ABA KARANGMALANG. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Whinda Tuntari(11111247014).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media pada anak kelompok A1 TK ABA Karangmalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 25 anak yang terdiri dari sebelas anak perempuan dan lima belas anak laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi (checklist) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan dikatakan berhasil apabila persentase kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan anak mencapai 75%. Persentase rata-rata kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan mengalami peningkatan setelah anak melakukan pemanasan di awal kegiatan, show and tell di akhir kegiatan, dan adanya pembagian kelompok yang tepat yang dilakukan oleh guru sehingga membuat anak lebih konsentrasi karena kelas menjadi lebih kondusif. Kondisi awal menunjukan kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan sebesar 50,69%, meningkat pada siklus I menjadi 66% dan pada siklus II mencapai 80,67%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelompok A1 TK ABA Karangmalang melalui kegiatan menggunting dengan berbagai media telah berhasil. Kata kunci: koordinasi gerak mata dan tangan, menggunting

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:40
Last Modified: 29 Jan 2019 19:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14404

Actions (login required)

View Item View Item