STATUS GIZI DAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI SAWANGAN KECAMATAN LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO

Hari, Laksono (2013) STATUS GIZI DAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI SAWANGAN KECAMATAN LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
31. Hari Laksono 09604221036.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yaitu belum diketahuinya status gizi dan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas IV dan V SD Negeri Sawangan Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui seberapa besar status gizi dan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas IV dan V SD Negeri Sawangan Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, penelitian yang bertujuan mengetahui seberapa besar status gizi dan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas IV dan V SD Negeri Sawangan. Populasi penelitian ini yaitu berjumlah 64 siswa, yang seluruhnya digunakan sebagai subjek penelitian. Metode dan teknik pengumpulan data menggunakan survei, dengan teknik menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan berupa tes berat badan dan tinggi badan (BB/TB) untuk variabel status gizi, TKJI usia 10-12 tahun untuk variabel tingkat kesegaran jasmani. Hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa status gizi siswa kelas IV dan V SD Negeri 1 Sawangan diperoleh (89,06%) kategori “baik”, (7,81%) kategori “kurang”, dan kategori “buruk” (3,12%). Tingkat kesegaran jasmani (0%) kategori “kurang sekali”, (6,25%) kategori “kurang”, (64,06%) kategori “sedang”, (29,68%) kategori “baik”, dan kategori “baik sekali tidak ada”. Kata kunci: Status Gizi, Tingkat Kesegaran Jasmani

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 27 Mar 2015 04:03
Last Modified: 29 Jan 2019 19:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14400

Actions (login required)

View Item View Item