TINGKAT PENGETAHUAN TAKTIK DAN STRATEGI PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMPN DAN MTS SE-KECAMATAN PETANAHAN, KABUPATEN KEBUMEN DALAM BERMAIN SEPAKBOLA

Arif Rahman, Arif Rahman (2014) TINGKAT PENGETAHUAN TAKTIK DAN STRATEGI PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMPN DAN MTS SE-KECAMATAN PETANAHAN, KABUPATEN KEBUMEN DALAM BERMAIN SEPAKBOLA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Arif Rahman-10601244203.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi di SMP N 1 Petanahan, MTS Watoniah Islamiah dan MTS Salafiyah Safi’iyah yang menurun dalam 3 tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP atau MTS se-Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen terhadap taktik dan strategi dalam permainan sepakbola. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Expert judgment/dosen ahli dalam penelitian ini yaitu Bapak Nurhadi Santoso, M.Pd dan Bapak Fathan Nurcahyo, M.Or. Uji coba di SMP N 1 Klirong, Kabupaten Kebumen yang berjumlah 40 siswa. Hasil uji coba dari 31 butir angket menunjukkan 1 butir gugur dan 30 butir valid. Validitas sebesar 0,770 dan reliabilitas sebesar 0,953. Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP atau MTS Se-Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen berjumlah 92 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMPN atau MTS Se-Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen terhadap taktik dan strategi dalam permainan sepakbola berada pada kategori “rendah” sebesar 14,13% (13 siswa), kategori “sedang” sebesar 69,57% (64 siswa), kategori “tinggi” sebesar 16,30% (15 siswa). Sedangkan berdasarkan nilai rata-rata yaitu 24,51, pengetahuan siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMPN atau MTS Se-Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen terhadap taktik dan strategi dalam permainan sepakbola masuk dalam kategori “sedang”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMPN atau MTS Se- Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen terhadap taktik dan strategi dalam permainan sepakbola masuk dalam kategori “sedang”

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 27 Mar 2015 01:53
Last Modified: 29 Jan 2019 19:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14373

Actions (login required)

View Item View Item