EFEKTIVITAS MASASE FRIRAGE DALAM MENGATASI GANGGUAN / PENURUNAN RANGE OF MOVEMENT PEMAIN BULUTANGKIS YANG MENGALAMI CEDERA PERGELANGAN TANGAN

Yulius Agung Saputro, Yulius Agung S. (2012) EFEKTIVITAS MASASE FRIRAGE DALAM MENGATASI GANGGUAN / PENURUNAN RANGE OF MOVEMENT PEMAIN BULUTANGKIS YANG MENGALAMI CEDERA PERGELANGAN TANGAN. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
TA tuntas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat efektivitas masase frirage dalam mengatasi gangguan / penurunan range of movement pemain bulutangkis yang mengalami cedera pergelangan tangan. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain pretest and posttest group design. Populasi dalam penelitian ini UKM Bulutangkis UNY, sedangkan sampelnya adalah pemain putri UKM Bulutangkis UNY. Teknik pengambilan sampel menggunakan purosive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 10 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menghitung Range of Movement (ROM) gerak fleksi, ekstensi, adduksi dan abduksi sendi pergelangan tangan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan uji- t. Hasil penelitian disimpulkan masase frirage terbukti signifikan mampu mengurangi dan mengatasi cedera pergelangan tangan yang dialami pemain putri UKM Bulutangkis UNY. Ditunjukkan dengan hasil Uji- t diperoleh nilai t hitung fleksi 6,886, t hitung ekstensi 11,176, t hitung adduksi 15,706 dan t hitung abduksi 11,859 dengan signifikansi (p value) 0,000 (p<0,05). Terdapat peningkatan Range of Movement setelah diberikan perlakuan masase frirage pada gerakan fleksi sebesar 36,82%, ekstensi 23,87%, adduksi 27,81% dan abduksi 39,06%. Sedangkan efektivitas masase frirage terhadap penyembuhan cedera pergelangan tangan pemain putri UKM Bulutangkis UNY ditunjukkan dengan perhitungan peningkatan prosentase gerakan Fleksi sebesar 94,75%, Ekstensi 94,14%, Adduksi 90,88% dan Abduksi 89% dari perbandingan dengan gerak orang normal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 27 Mar 2015 01:49
Last Modified: 29 Jan 2019 19:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14371

Actions (login required)

View Item View Item