PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PERMAINAN KARTU HURUF DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KORIPAN PONCOSARI SRANDAKAN BANTUL

Istina, Prabawati (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE PERMAINAN KARTU HURUF DI KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KORIPAN PONCOSARI SRANDAKAN BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Istina Prabawati(09111241016).pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode permainan kartu huruf di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Koripan Poncosari Srandakan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan dengan setiap siklusnya tiga kali pertemuan. Subjek penelitian yang digunakan anak kelompok B TK ABA Koripan yang berjumlah 19 anak. Objek penelitian berfokus pada peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode bermain kartu huruf. Metode pengumpulan data menggunakan observasichecklist, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan sebesar 12,85% pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II mengalami peningkatan sebesar 40,60%. Peningkatan kemampuan membaca permulaan ini terlihat dari anak sudah mampu membaca gambar, mampu menunjuk dan menunjuk simbol huruf yang diminta, mampu membaca kata sederhana dan membunyikan huruf yang ada dalam kata, mampu menghubungkan gambar dengan kata, mampu menyusun huruf menjadi kata yang bermakna serta, mampu mengelompokkan huruf vokal dan konsonan. Langkah-langkah penerapan yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak yaitu dengan menggunakan permainan kompetisi kelompok, guru memberikan penjelasan tentang huruf abjad, serta pemberian penghargaan secara verbal dan tepuk tangan kepada kelompok yang menang. Kata kunci: membaca permulaan, metode permainan kartu huruf

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:40
Last Modified: 29 Jan 2019 19:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14369

Actions (login required)

View Item View Item