PENINGKATAN PENGENDALIAN DIRI MELALUI MODIFIKASI PERILAKU PADA ANAK TUNARUNGU DI KELAS C TKLB SLB NEGERI 2 BANTUL

Tri, Purwanti (2014) PENINGKATAN PENGENDALIAN DIRI MELALUI MODIFIKASI PERILAKU PADA ANAK TUNARUNGU DI KELAS C TKLB SLB NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
TRI PURWANTI (10111247019).pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki perilaku dalam meningkatkan pengendalian diri anak tunarungu di Kelas C TKLB SLB Negeri 2 Bantul dalam pengendalian diri melalui modifikasi perilaku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research classroom). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 1 siswa tunarungu Kelas C TKLB di SLB Negeri 2 Bantul yang berjenis kelamin laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila 80% dari total indikator mendapat skor 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian diri pada anak tunarungu di Kelas C TKLB SLB Negeri 2 Bantul dapat ditingkatkan melalui modifikasi perilaku.Tindakan efektifdalam penelitian inimeliputi: (1) pemberian reward, (2) penundaan kesenangan sebagai punishment, (3)memotivasi anak melalui prompt, (4) mengacuhkan anak sebagai tindakan extinction, (5) melakukan tindakan peneladanan, (6) pelatihan pengelolaan diri, (7) pelatihan keterampilan sosial, dan (8) penerapan economic token atau tabungan kepingan. Kemampuan pengendalian diri subjek HZ ditunjukkan oleh pencapaian aspek behaviour control, aspek cognitive control, aspek decisional control, dan aspek emotionalcontrol, dengan peningkatan sebagai berikut: sebelum tindakan skor yang dicapai HZ adalah 14 (33,33%) atau berada pada kategori rendah. Pada tindakan Siklus I skor yang dicapai HZ adalah 24 (57,14%) atau berada pada kategori sedang. Pada tindakan Siklus II skornya yang dicapai HZ adalah 31 (73,81%) atau berada pada kategori sedang. Pada tindakan Siklus III skor yang dicapai HZ adalah 38 (90,44%) atau berada pada kategori tinggi. Kata kunci: pengendalian diri, modifikasi perilaku, anak tunarungu TKLB

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:39
Last Modified: 29 Jan 2019 19:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14367

Actions (login required)

View Item View Item