PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI MEDIA POWER POINT PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK SD MODEL SLEMAN

Mita, Nugraheni (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI MEDIA POWER POINT PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK SD MODEL SLEMAN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (53MB) | Preview

Abstract

Kemampuan sosial emosional anak usia dini perlu ditingkatkan melalui media yang menarik untuk anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional melalui media power point pada anak usia dini 5-6 tahun di TK SD Model Sleman. Penelitian ini menggunakan jenis Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini anak usia dini 5-6 tahun yang tergabung dalam kelompok B3 dan berjumlah 20 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional anak meningkat melalui media power point, sebelum diadakan tindakan terdapat 35% dalam setiap indikator dengan kriteria skor 3. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan kemampuan sosial emosional yang didapat pada Siklus I terdapat 51,6%, dan pada Siklus II peningkatan kemampuan sosial emosional menjadi 91,6%. Adapun langkah-langkah dalam penerapan media power point saat pembelajaran yaitu (1) guru melakukan appersepsi, (2) guru menggunakan media power point pada anak untuk menjelaskan materi, (3) anak mempraktikkan kegiatan sesuai yang dicontohkan. Kata kunci: sosial emosional, power point

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:38
Last Modified: 29 Jan 2019 19:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14366

Actions (login required)

View Item View Item