Tri, Rahayu (2014) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEDERHANA MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK TK A DI TKIT IBNU KHALDUN CENGKIRAN, TRIHARJO, PANDAK, BANTUL. S1 thesis, PG PAUD.
|
Text
skripsi new.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dalam menyelesaikan masalah sederhana melalui metode proyek pada anak TK A di TKIT Ibnu Khaldun, Cengkiran, Triharjo, Pandak, Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian anak Kelompok A yang berjumlah 32 anak, terdiri dari 23 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan metode proyek dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian dalam menyelesaikan masalah sederhana pada pra tindakan sampai siklus I mengalami peningkatan 17,97%, dan pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan 39,06%.Dari hasil yang diperoleh, disimpulkan jika kemandirian dalam menyelesaikan masalah sederhana dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode proyek. Langkah-langkah metode proyek yang dapat meningkatkan kemandirian yaitu pertama, bagi anak secara acak 5-6 kelompok; kedua,menjelaskan kepada anak cara kerja proyek yaitu membuat istana dari balok, menyusun kepingan geometri, dan menganyam; ketiga,mempersiapkan alat dan bahan yang dipakai untukkegiatanproyek; keempat, anak mengerjakan dan menyelesaikan proyek secara berkelompok. Kata kunci: metode proyek, kemandirian, anak Kelompok A
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 06 Apr 2015 04:37 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14362 |
Actions (login required)
View Item |