HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN BELAJAR MANDIRI PADA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS 1 KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014

Ahmad Ghuforn, Wahid (2014) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN BELAJAR MANDIRI PADA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS 1 KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan belajar mandiri padakelas IV. Adapun yang menjadi dasar penelitian ini adalah adanya fenomena rendahnya belajar mandiri di kalangan siswa. Jenis penelitian ini adalah ex post facto yang terdiri dari dua variabel yang saling mempengaruhi, yaitu variabel konsep diri dan variabel belajar mandiri. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus 1 Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel berjumlah 149 siswa. Keabsahan instrumen penelitian diuji konstruk validitas internal melalui bantuan validasi ahli dan uji reabilitas instrumen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data yang terkumpul menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan timbal balik yang signifikan antara konsep diri dengan kemandirian belajarsiswa. Hal ini dibuktikan dengan uji korelasi pearson product moment dimana nilai r hitung sebesar 0,726 dengan signifikansi 0,000. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan dalam membentuk konsep diri yang positif kepada anak agar menumbuhkan perilaku belajar mandiri. Kata kunci: konsep diri, belajar mandiri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:36
Last Modified: 29 Jan 2019 19:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14361

Actions (login required)

View Item View Item