MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELALUI BERMAIN GAMBAR PADA KELOMPOK B PAUD KUNCUP MEKAR WIRO BAYAT KLATEN

Rafiqah, Prasetyaningsih (2013) MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELALUI BERMAIN GAMBAR PADA KELOMPOK B PAUD KUNCUP MEKAR WIRO BAYAT KLATEN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Rafiqah Prasetyaningsih 08111244003.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kosakata bahasa Inggris melalui bermain gambar Kelompok B PAUD Kuncup MekarWiro, Bayat, Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang tergabung dalam Kelompok B dan berjumlah 20 anak. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kosakata bahasa Inggris anak Kelompok B PAUD Kuncup MekarWiro, Bayat, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 sebelum dilaksanakan tindakan penelitian kelas sebesar 50,52%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu melalui bermain gambar seperti meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak diperoleh hasil Siklus I menjadi 62,63% dan Siklus II meningkat menjadi 77,50%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indicator pencapaian 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui bermain gambar pembelajaran bahasa Inggris mudah diserap oleh anak. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui bermain gambar dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak Kelompok B PAUD Kuncup Mekar Wiro, Bayat, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:36
Last Modified: 29 Jan 2019 19:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14360

Actions (login required)

View Item View Item