PENGGUNAAN METODE MIND MAPS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI I SALAKAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Pramesthi, Widodo (2014) PENGGUNAAN METODE MIND MAPS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI I SALAKAN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
PRAMESTHI WIDODO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui penggunaan metode mind maps. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas. Model penelitian yang digunakan adalah model Kurt Lewin. Langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas IV SD Negeri 1 Salakan yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi. Teknik observasi digunakan untuk mengamati kemandirian belajar siswa, penggunaan mind maps. Lembar observasi divalidasi melalui validasi isi dan expert judgement. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind maps dapat meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Salakan. Pada tahap pra tindakan, skor rata-rata kemandirian belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Salakan tergolong kurang dengan skor 23,30. Pada siklus I dilakukan tindakan berupa penggunaan metode mind maps yang dilakukan secara kelompok. Skor rata-rata kemandirian belajar siswa pada siklus I tergolong cukup dan meningkat menjadi 45,20. Pada siklus II dilakukan tindakan berupa penggunaan metode mind maps yang dilakukan secara individu. Skor rata-rata kemandirian belajar siswa pada siklus II tergolong baik dan meningkat menjadi 75,00, sehingga dapat dikatakan telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian. Kata kunci: metode mind maps dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 04:35
Last Modified: 07 Sep 2015 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14359

Actions (login required)

View Item View Item