Isnawati Nur, Azizah (2014) EFEKTIVITAS QUANTUM LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS V DI SD N BANTENG HARGOBINANGUN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
|
Text
SKRIPSI Isnawati Nur Azizah.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Quantum Learning pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental dengan desain One group pretest-posttest. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kecerdasan emosi, variabel bebasnya adalah Quantum Learning. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N Banteng yang berjumlah 20 orang. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan skala kecerdasan emosi. Rumus teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired Sample T-Test untuk menguji hipotesis yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian berdasarkan uji t pada taraf signifikansi 5% (0,05) dapat diketahui bahwa nilai signifikansi atau probabilitasnya adalah 0,00. Oleh sebab itu, dapat dilihat bahwa p < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Quantum Learning efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa kelas V di SD N Banteng. Kata kunci : Mata Pelajaran IPS, Quantum Learning, Kecerdasan Emosi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Aspek Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 06 Apr 2015 03:49 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14352 |
Actions (login required)
View Item |