KONDISI SARANA DAN PRASARANA DI TAMAN KANAK-KANAK YAYASAN WANITA KERETA API YOGYAKARTA

Tri, Inawati (2015) KONDISI SARANA DAN PRASARANA DI TAMAN KANAK-KANAK YAYASAN WANITA KERETA API YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tri Inawati_07101244019.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kondisi sarana dan prasarana di Taman Kanak-kanak YWKA Yogyakarta. Hal ini ditujukan agar pihak sekolah dapat mengetahui kondisi sarana dan prasana yang ada. Sehingga dengan hasil penelitian ini, dapat menjadi acuan dalam perbaikan peningkatan kondisi sarana dan prasarana sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dan dokumentasi. Sumber informasinya adalah Kepala Sekolah dan guru di Taman Kanak-kanak YWKA Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Milles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: kondisi sarana dan prasarana di Taman Kanak-kanak YWKA dalam kondisi yang masih baik dilihat dari keberadaan jenis sarana dan prasarana yang meliputi pencahayaan yang terang, tingkat kebersihan masing-masing ruang, ukuran ruang yang sesuai dengan standarisasi, keberadaan kekuatan dari meubelair, dan kondisi dari warna masing-masing sarana dan prasarana tersebut. 1) keberadaan dari sarana dan prasarana yang ada di TK YWKA meliputi perabot kelas, alat permainan, lahan untuk bermain, ruang kelas, ruang kantor/Kepala TK, ruang guru, ruang perpustakaan, gudang dan dapur, kamar mandi/WC, ruang UKS dan ruang serbaguna/aula; 2) Kondisi sarana masih memungkinkan untuk digunakan, hal ini terlihat dari kondisi sarana seperti meja, kursi dan almari masih kondisi yang kokoh, kuat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk sarana alat permainan masih layak untuk digunakan meskipun memerlukan adanya perbaikan, baik itu bentuk dan ukuran serta cat/warna dari sarana tersebut; dan 3) Kondisi prasarana secara garis besar masih dapat digunakan secara fungsional. Hal ini terlihat dari kondisi masing-masing prasarana yang bersih, lahan yang luas untuk bermain anak dan pencahayaan yang terang. Walaupun sudah membutuhkan perbaikan seperti cat tembok yang mengelupas dan berjamur. Kata kunci : sarana dan prasarana, taman kanak-kanak, yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 01 Jul 2015 01:19
Last Modified: 29 Jan 2019 19:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14337

Actions (login required)

View Item View Item