PENANAMAN NILAI MENGHARGAI PRESTASI PADA SISWA SD NEGERI MENDUNGAN I YOGYAKARTA

Azza, Nurmalita (2014) PENANAMAN NILAI MENGHARGAI PRESTASI PADA SISWA SD NEGERI MENDUNGAN I YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Azza Nurmalita NIM 10108241101.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penanaman nilai menghargai prestasi pada siswa SD Negeri Mendungan I Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis deskriptif, dengan subjek kepala sekolah, guru dan siswa kelas I hingga V, dan guru Agama Islam. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah model Miles dan Huberman. Peneliti menguji kredibilitas data melalui triangulasi teknik dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai menghargai prestasi melalui kegiatan pembelajaran, rutin, spontan, keteladanan, dan pengkondisian lingkungan nonfisik belum dilakukan secara kompak dan berkelanjutan oleh para guru. Begitu juga dengan pengkondisian lingkungan fisik, belum dilakukan secara maksimal oleh pihak sekolah. Kata kunci: penanaman nilai, nilai menghargai prestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 03:40
Last Modified: 29 Jan 2019 19:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14331

Actions (login required)

View Item View Item