Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa di Kelas Bilingual SMP Negeri 1 Bantul dengan Model Cooperative Learning teknik Course Review Horay

Astuti, Erna Wiji (2010) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa di Kelas Bilingual SMP Negeri 1 Bantul dengan Model Cooperative Learning teknik Course Review Horay. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
cover_abstrak_14.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model Cooperative Learning teknik Course Review Horay dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa di kelas bilingual SMP Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh peneliti dan dibantu oleh tiga orang pengamat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA (kelas bilingual) SMP Negeri 1 Bantul tahun ajaran 2009/2010 dengan banyak siswa yaitu 28. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti, lembar observasi, angket dan pedoman wawancara. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah dalam analisis data yaitu melalui reduksi data, triangulasi, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model Cooperative Learning teknik Course Review Horay di kelas VII A (kelas bilingual) SMP Negeri 1 Bantul telah terlaksana dan dilakukan dengan tahapan yaitu diskusi kelompok, presentasi kelompok, siswa bersorak “hore” jika mereka dapat menjawab pertanyaan dalam Course Review Horay dengan benar dan adanya penghargaan kelompok atau individu. Dari hasil angket dan observasi menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika siswa diakhir siklus telah mencapai kategori sangat tinggi yaitu dengan persentase 82,85% dari hasil angket dan 83,10% dari hasil observasi. Peningkatan motivasi belajar tersebut juga dapat dilihat dari peningkatan setiap aspek motivasi belajar siswa. Dari data tersebut, diketahui bahwa indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah tercapai. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model Cooperative Learning teknik Course Review Horay di kelas VIIA (kelas bilingual) SMP Negeri 1 Bantul dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Kata Kunci : motivasi belajar matematika, kelas bilingual, Course Review Horay xiv

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor Pendidikan Matematika
Date Deposited: 03 Jul 2012 06:43
Last Modified: 29 Jan 2019 14:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1433

Actions (login required)

View Item View Item