Umi Ulfa, Sakinatun (2014) BIMBINGAN BELAJAR UNTUK SISWA BERKESULITAN BELAJAR MEMBACA DI SD NEGERI GEMBONGAN KECAMATAN SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.
|
Text
SKRIPSI Umi Ulfa Sakinatun NIM 10108244077.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bimbingan belajar untuk siswa berkesulitan belajar membaca di SD Negeri Gembongan Sentolo Kulon Progo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan subjek seorang siswa berkesulitan belajar membaca kelas I. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode alur dari Miles dan Hubermen yakni reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan untuk siswa berkesulitan belajar membaca di SD Negeri Gembongan masih belum optimal. Dari enam tahapan bimbingan, tiga tahapan masih belum terlaksana, yakni diangnosis atau analisis masalah, prognosis atau tindakan mencari alternatif pemecahan masalah dan evaluasi atau follow up.Strategi bimbingan belajar yang dilakukan oleh pihak sekolah maupun guru yaitu dengan melibatkan AL dalam kegiatan dan pembelajaran di kelas dan tidak memisahkan AL dengan teman-teman sekelasnya. Sementara itu peran sekolah dalam pemberian bimbingan untuk siswa berkesulitan belajar membacajuga belum maksimal. Selain itu kemampuan siswa berkesulitan belajar membaca dalam mengatasi kesulitan belajarnya masih terlihat kurang. Kata kunci: bimbingan belajar, siswa berkesulitan belajar membaca
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 06 Apr 2015 03:39 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14329 |
Actions (login required)
View Item |