Hesti, Fajarwati (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B1 MELALUI PERMAINAN DENGAN SIMPAI DI TK ABA GENDINGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (29MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak kelompok B1 TK ABA Gendingan Yogyakarta melalui permainan dengan simpai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah anak didik Kelompok B1 TK ABA Gendingan Yogyakarta yang berjumlah 15 anak terdiri dari 9 anak putra dan 6 anak putri. Objek penelitian ini berupa pengembangan kemampuan motorik kasar melalui permainan dengan simpai. Tempat penelitian di TK ABA Gendingan Yogyakarta yang beralamat di jalan Wachid Hasyim No. 25 Ngampilan Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunakan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila 75% dari jumlah anak berkriteria mampu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan motorik kasar anak Kelompok B1 TK ABA Gendingan Yogyakarta melalui permainan dengan simpai. Pada pra tindakan keterampilan motorik kasar anak 21,33% dan pada siklus I keterampilan motorik kasar anak meningkat 13,77% menjadi 35,10%. Pada siklus II keterampilan motorik kasar anak meningkat sebesar 51,12% menjadi 86,33%. Permainan dengan simpai yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar dalam penelitian ini terdiri dari beberapa langkah permainan, yaitu: anak melompati simpai sejauh 60 cm yang ditata secara berjajar dilapangan, kemudian anak meloncati simpai ke depan 10 kali dan ke belakang 2 kali dengan menggunakan dua simpai secara bergatian, lalu anak merangkak melewati simpai yang dibuat seperti lorong, kemudian anak berlari sambil melompat masuk kedalam simpai, dan yang terakhir anak berdiri dengan kaki yang lain selama 10 detik. Pada siklus I permainan dilakukan secara bersama- sama sedangkan pada siklus II permainan dilakukan secara berkelompok, sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan dengan simpai dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B1 TK ABA Gendingan Yogyakarta. Kata kunci: keterampilan motorik kasar, permainan dengan simpai, kelompok B1 TK ABA Gendingan Yogyakarta
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 06 Apr 2015 03:38 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:40 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14327 |
Actions (login required)
View Item |