MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF BENAR ATAU SALAH PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI SABDODADI KEYONGAN BANTUL

Ruli, Mastingah (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF BENAR ATAU SALAH PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI SABDODADI KEYONGAN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Ruli Mastingah 10108244095.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan model pembelajaran aktif benar atau salah pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sabdodadi Keyongan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Kurt Lewin. Desain tersebut terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V, serta objek dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Validitas instrumen dilakukan dengan pengujian validitas isi melalui expert judgment. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran aktif benar atau salah yang dilakukan dengan membagikan kartu indeks ke setiap kelompok dan memberi siswa kebebasan dalam menentukan jawaban benar atau salah, dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase aktivitas belajar IPS pada setiap siklusnya. Pada pra tindakan, persentase aktivitas belajar IPS sebesar 0%. Pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 66,67%, yaitu dari 0% meningkat menjadi 66,67%. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 23,81%, yaitu dari 66,67% meningkat menjadi 90,48%. Kata kunci: aktivitas belajar IPS, model pembelajaran aktif benar atau salah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 03:33
Last Modified: 07 Sep 2015 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14323

Actions (login required)

View Item View Item