PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN CERAMAH BERVARIASI TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 2 SENTOLO DAN SD NEGERI 3 SENTOLO

Siva Hidayatul, Qirom (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN CERAMAH BERVARIASI TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 2 SENTOLO DAN SD NEGERI 3 SENTOLO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
skripsi siva hq - Copy.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran role playing dan ceramah bervariasi terhadap sikap nasionalisme siswa kelas V di SD Negeri 2 Sentolo dan SD Negeri 3 Sentolo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, khususnya pendekatan quasy eksperimen, dengan bentuk non equivalent control group design. Sebelum penelitian, peneliti melakukan uji validitas instrumen yang berupa validitas konstruk dan uji validitas empiris, dari uji validitas tersebut diperoleh 33 butir soal yang digunakan dalam penelitian. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 2 Sentolo dan SD Negeri 3 Sentolo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket sikap nasionalisme. Sedangkan rumus teknik analisis data yang digunakan adalah t test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh dari metode pemeblajaran role playing pada kelompok eksperimen terhadap sikap nasionalisme hal ini dapat dibuktikan dari hasil t test post test pada taraf signifikasi 5% diperoleh t hitung sebesar =3,766 lalu dibandingkan dengan t tabel sebesar =2,00. Sedangkan metode ceramah bervariasi pada kelompok kontrol tidak berpengaruh terhadap sikap nasionalisme. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil t test pre test pada taraf signifikasi 5% diperoleh t hitung= 0,188 , lalu dibandingkan dengan t tabelsebesar =2,00 sehingga metode ceramah bervariasi tidak berpengaruh terhadap sikap nasionalisme. Sedangkan dari hasil gain skor diperoleh nilai 3,381 yang dapat disimpulkan bahwa metode pemeblajaran role playing yang lebih berpengaruh terhadap sikap nasionalisme daripada metode ceramah bervariasi. Kata kunci : Metode role playing, metode ceramah bervariasi, sikap nasionalisme

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 19:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14319

Actions (login required)

View Item View Item