MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENEMPEL (KOLASE) PADA ANAK KELOMPOK B4 DI TK ABA NITIKAN YOGYAKARTA

Ragil, Utami (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENEMPEL (KOLASE) PADA ANAK KELOMPOK B4 DI TK ABA NITIKAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Ragil Utami(11111247021).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak kelompok B4 di TK ABA Nitikan Yogyakarta, melalui kegiatan menempel (kolase). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B4 dengan jumlah anak 23. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap siklus penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan dalam kegiatan menempel (kolase). Hal ini dibuktikan dari hasil menempel sebelum penelitian sebesar 26,09% dan setelah dilakukan tindakan selama dua siklus terjadi peningkatan menjadi 78,26% anak terampil menempel dengan menggunakan kertas berbentuk geometri dan ampas kelapa dengan hasil tepat dan rapi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penelitian dapat dinyatakan berhasil. Kegiatan menempel dilakukan dengan cara: (1) mengawali kegitan dengan pemanasan senam motorik. (2) anak melakukan praktik menempel. (3) istirahat, bermain di dalam dan di luar kelas, cuci tangan, berdoa dan makan. (4) kegiatan akhir refleksi dengan mengulang senam motorik seperti pada kegiatan awal dilanjutkan dengan tanya jawab. Kata kunci: keterampilan motorik halus, kegiatan menempel (kolase)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 03:15
Last Modified: 29 Jan 2019 19:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14318

Actions (login required)

View Item View Item