MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KIYARAN II CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Rosella Aranda, Ayu Wibowo (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KIYARAN II CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ROSELLA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses dasar IPAmenggunakan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas IV SD Negeri Kiyaran II, Cangkringan Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IVSD Negeri Kiyaran II yang berjumlah 14 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kurt Lewinyang meliputi (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahwawancara dan observasi.Wawancara dilakukan terhadap guru untuk mengetahui kondisi awal proses pembelajaran IPA. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa persentase keterampilan proses dasar IPA siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran dapatmeningkatkanketerampilan proses dasar IPA. Rata-rata keterampilan proses dasar IPA pada siklus I sebesar 60,59% meningkat menjadi 82,25% pada siklus II. Jumlah siswa yang memiliki keterampilan proses dasar IPA dengan kriteria baik mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebanyak 0 siswa (0%) menjadi 11siswa (78,5%) pada siklus II. Peningkatan keterampilan proses dasar IPA tersebut diperoleh melalui penerapan pendekatan keterampilan proses melalui modifikasi tindakan berupa; (1) pembagian kelompok diskusi dilakukan dengan meminimalkan jumlah anggota kelompok, yaitu 2 siswa pada masing-masing kelompok; (2) pelaksanaan pembelajaran dilakukan di tempat dengan suasana nyaman; (3) optimalisasi bimbingan guru; (4) penambahan alokasi waktu, yaitu menjadi 2 x 50 menit dalam setiap pertemuan. Penelitian ini dihentikan pada pelaksanaan tindakan siklus II karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yaitu 75% dari seluruh siswa menempati kriteria baik dengan persentase 75. Kata kunci:keterampilanproses dasar IPA, pendekatan keterampilan proses.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 03:12
Last Modified: 29 Jan 2019 19:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14316

Actions (login required)

View Item View Item