PENGGUNAAN METODE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP PEDULI SOSIAL PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 PENGASIH KULON PROGO

Restu, Wijayanto (2014) PENGGUNAAN METODE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP PEDULI SOSIAL PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 3 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RESTU WIJAYANTO 10108244102 PGSD.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan metode Group to Group Exchange (GGE) untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap peduli sosial siswa pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah semua siswa kelas V SD Negeri 3 Pengasih Kulon Progo yang berjumlah 26 siswa. Desain PTK menggunakan Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk prestasi belajar IPS dan untuk sikap peduli sosial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode GGE dalam pembelajaran IPS dapatmeningkatkan prestasi belajar dan sikap peduli sosial siswa. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari Pra siklus menunjukkan bahwa 53,8% siswa mencapai ketuntasan KKM dan memiliki rata-rata kelas 74,4. Selanjutnya pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 65,4% siswa yang mencapai ketuntasan KKM dan memiliki rata-rata kelas 77,2. Kemudian siklus II ketuntasan siswa mengalami peningkatan dan berhasil mencapai 80,7% dengan rata-rata kelas 83,1. Sikap peduli sosial siswa juga mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Pra siklus menunjukkan 34,6% dari jumlah siswa berada pada kriteria minimal baik. Siklus I menjadi 53,8% siswa berada pada kriteria minimal baik. Siklus II menjadi 76,9% siswa berada pada kriteria minimal baik. Kata kunci : prestasi belajar IPS, sikap peduli sosial, metode group to group exchange (GGE)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 03:11
Last Modified: 29 Jan 2019 19:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14313

Actions (login required)

View Item View Item