PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I IROYUDAN PAJANGAN

Doni Eko, Nurcahyo (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I IROYUDAN PAJANGAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Doni Eko Nurcahyo - 09108244112 PGSD.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) proses pembelajaran menyimak cerita menggunakan quantum teaching, dan 2) kemampuan menyimak cerita menggunakan quantum teaching pada siswa kelas V SD Negeri I Iroyudan Pajangan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Iroyudan Pajangan yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan menyimak cerita. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc.Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) observasi, dan 3) catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menyimak cerita menggunakan model quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas dan perhatian siswa, terbukti dari rerata partsipasi siklus I 47,33% meningkat 25,8% menjadi 73,13% pada siklus II. Pembelajaran menyimak cerita menggunakan model quantum teaching meningkatkan kemampuan menyimak cerita siswa. Hasil tes menunjukkan bahwa menggunakan model quantum teaching dapat meningkatan kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas V SD Negeri I Iroyudan dengan kriteria ketuntasan minimal ≥ 70. Peningkatan kemampuan menyimak cerita pada siklus I sebesar 4, kondisi awal kemampuan menyimak cerita rendah dengan nilai rata-rata 62,53 tingkat kelulusan 48% dari jumlah siswa, kemudian meningkat menjadi 66,53 dengan tingkat kelulusan 60%, akan tetapi masih dalam kategori rendah karena belum mencapai KKM. Peningkatan kemampuan menyimak cerita pada sikus II sebesar 13,92, kondisi awal dalam kategori rendah dengan nilai 62,53 dan dengan tingkat kelulusan 48%, meningkat lulus KKM dan termasuk kategori baik menjadi 76,45 dengan tingkat kelulusan 84%. Kata Kunci: menyimak cerita, model quantum teaching

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 03:10
Last Modified: 29 Jan 2019 19:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14311

Actions (login required)

View Item View Item