PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI DAWUNG TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG

Dhita Rostanty, Dewi (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI DAWUNG TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Dhita Rostanty Dewi_NIM 10108244086.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode card sort pada pembelajaran IPA di kelas III SD Negeri Dawung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain siklus menggunakan rancangan Kemmis dan Taggart yaitu Perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Dawung yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengamati kegiatan pembelajaran yang dilakukan dan pedoman wawancara untuk mengetahui bagaimana respon guru dan siswa terhadap metode card sort. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan rata-rata skor aktivitas belajar siswa mencapai 80% pada tiap aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode card sort dengan kegiatan siswa mengamati kartu sortir yang dibagikan guru, siswa menyortir kartu dan menempelkan pada LKS, mempresentasikan laporan hasil diskusi, hingga siswa menyimpulkan pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas kelas III SD Negeri Dawung. Hasil pada siklus I aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada aktivitas visual 78,4%, aktivitas lisan 56,6%, aktivitas mendengarkan 76,4%, Aktivitas menulis 88,2%, dan aktivitas gerak 70,5%. Hasil tersebut belum memenuhi kriteria keberhasilan, sehingga dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II dengan memberikan LKS untuk tiap siswa, bimbingan pada diskusi, dan motivasi kepada siswa yang tidak aktif. Hasil pada siklus II yaitu aktivitas visual 87,2%, aktivitas lisan 91,1%, aktivitas mendengarkan 88,2%, Aktivitas menulis 98,5%, dan aktivitas gerak 82,3%. Hasil aktivitas belajar siswa pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan. Kata kunci: aktivitas belajar siswa, metode card sort

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2015 03:09
Last Modified: 29 Jan 2019 19:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14308

Actions (login required)

View Item View Item